Investasi jangka panjang

Dalam perjalanan hidup bisa saja kita sudah merencanakan bagaimana kondisi keuangan kita untuk masa depan. Tentu saja tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana hasilnya, karena manusia berusaha, Allah yang menentukan. Tapi ada banyak pelajaran yang saya dapatkan secara kasat mata kalau kita mau merenung sedikit saja. Investasi keuangan dalam bentuk saham merupakan salah satu yang kita bisa pelajari. Ada dua aspek yang kita harus pahami. Soal Teknikal dan soal fundamental.

StockMarketCrashchartMengejar investasi harian, buat saya hanyalah main-main saja.. sedikit yang bisa di peroleh. Lain halnya kalau kita berbicara fundamental perusahaan dan jangka waktu yang lebih panjang.

Nah, pelajaran yang pertama saya dapatkan secara berat adalah seperti ini: Jangan investasikan sesuatu yang bisa membuat anda tidak bisa tidur.

Sepertinya tampak sederhana, tapi buat saya sekarang sudah berbeda dengan era 90 saya. Waktu zaman itu, metode aggresif saya membuat saya selalu berpikir untuk mengolah uang sampai tidur saya terganggu. Pagi selalu berat.. karena stress dan berpikir terlampau keras. Ini sudah saya lewatkan. Berapapun keuntungan yang di peroleh dari market menurut saya tidak sebanding kalau anda tidak bisa tidur nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka halaman ini?
Berbagilah dengan teman anda!
Facebook, Twitter, Google dan lain-lain.
Bookmark and Share