Earthship – kehidupan berkelanjutan?

earthshipbrighton151005o Konsep earthship.com yang di prakarsai Michael Reynolds sangat menarik saya. Nggak banyak orang yang berfikir seperti dia. Unik, kontroversial dan agak futuristik. Nonton cerita dokumenter kehidupan dia, seru juga. (Garbage Warrior)

Intinya design rumah dan system kehidupan yang menyatu. Apa semua itu? lihat aja websitenya earthship.com.

Singkatnya… bangunan yang di buat akan menopang kehidupan manusia didalamnya.

Point-point yang di pakai:

  • Menggunakan panas matahari untuk memanaskan dan mendinginkan ruangan.
  • Menggunakan listrik yang di konversikan dari tenaga matahari atau angin.
  • Sistem air, di daur ulang sedemikian rupa, sehingga bisa di pakai untuk beberapa keperluan.
  • Dapat menggunakan material bekas.
  • Mengumpulkan air hujan sebagai sumber air.
  • Produksi makanan sendiri.

Ini aliran green? Nggak tau juga deh, yang jelas prinsip yang dia pakai adalah hal-hal yang logika saya bisa terima.

Dalam kondisi ideal, kita akan terbebas dari tagihan listrik, air, dan bangunan tidak perlu berada di tempat yang sudah ada infrastrukturnya.

Perlahan saya mulai coba mengintegrasikan poin-poin tersebut ke dalam rumah saya. Cost effisien? nggak juga, sekarang masih proses pembelajaran kembali untuk mengapresiasikan apa yang telah di berikan Allah di bumi ini. Mungkin proyek pulang kampung 2013, bisa menggunakan sebagian dari teknologi yang masih saya pelajari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka halaman ini?
Berbagilah dengan teman anda!
Facebook, Twitter, Google dan lain-lain.
Bookmark and Share