Teknik Alternatif Cepat Import/Export Tabel Database

Saya bereksperimen sewaktu mengerjakan project di sebuah instansi pemerintah di kawasan blok M, Pada saat itu saya menemukan tanpa di sengaja sebuah teknik yang mungkin sudah banyak orang mengetahuinya.


Problem yang saya hadapi adalah bagaimana cara mengolah beragam file database untuk di cross check ke absahan datanya.


Data yang tersedia adalah data dalam format DBF, Oracle, MSAccess.


Di Laptop saya telah terinstall MSAccess 2003, XAMPP (MySql, Apache, PhP).


Setelah saya menginstall Oracle Client, dan mengetes koneksi ke server saya yakin dapat memulai import/export. Saya memilih untuk mengolah semua data tersebut di laptop dengan menggunakan MySql karena pertimbangan jumlah data yang melebihi 3.5 juta row. (MySQL terkenal dengan kecepatan transaksinya), Saya tidak menggunakan Oracle yang tersedia karena sedang di pakai untuk proses production dan saya tidak ingin membebani proses server yang tersedia.


Penginstallan XAMPP juga mudah dan tidak menaruh data pada registry windows, sehingga apabila saya ingin meng’uninstall’. program, tinggal hapus saja direktorinya.


Untuk proses selanjutnya saya menginstall MySQL-Connector-ODBC, supaya data dapat mengalir melewati teknologi ODBC.


Setelah proses install ODBC Selesai, melalui RUN-> odbcad32.exe saya membuat DSN baru untuk connection.


Isi semua data (server, username, password) lalu pilih juga nama tabel yang telah di buat melalui PHPMYADMIN di XAMPP


Setelah semua siap, saya membuat blank database di MS Access dan di menu ’table’ saya membuat ’LINK’ ke tabel yang saya telah kumpulkan (DBF, MSACCESS,Oracle).


Lalu proses selanjutnya adalah dengan mengunakan left-click pada icon table link yang telah kita buat. Lalu pilih ’export’


Barulah setelah itu kita pilih DSN yang telah kita buat sebelumnya.


Tunggu proses beberapa menit lalu check kembali dengan phpMyAdmin di XAMPP, ternyata tabel-tabel yang kita export masuk semua ke dalam MySql.


Wow saya bilang.. ternyata cara ini cepat dan cukup efektif untuk mengatasi permasalahan yang saya hadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka halaman ini?
Berbagilah dengan teman anda!
Facebook, Twitter, Google dan lain-lain.
Bookmark and Share