Kontrol dobel - dual control - Cek dan Ricek

ing bank amsterdam Saya sewaktu masih sma, suka bingung dengan bisnis bank.. gimana yaaa karyawan seperti di bank bisa mengelola duit kita tanpa di tilep? Gimana ya kok mereka bisa saling percaya? Apa sih system yang di pakai.. tentunya saya pada tahap ini belum ngerti akutansi dan security.

 

Saya bukan orang yang paling ahli security dan akutansi tapi itulah yang di namakan dengan best practice. System yang kita buat bukan membuat susah atau jadi repot. Tapi intinya adalah gimana kita sepakat untuk menjadi PERCAYA. Tentunya ini bukan kepercayaan mutlak, melainkan bagaimana sekelompok orang bisa bekerja sama dengan sebuah aturan. Seperti permainan aja sebenarnya. Tapi itulah yang bisa membuat kita maju. Gimana bisnis kredit card bisa maju, orang kita di kasih plastik doang untuk belanja?

Differential drive namanya.. kalau suka bikin robot pasti kebayang. Robot pakai roda berputar yang paling minimal bisa di buat adalah menggunakan dua roda. Satu roda tambahan biasanya hanya untuk menyangga / membantu.

programming_differentialdrive_example

Kalau dua roda itu berputar bersama-sama ke depan, robot akan maju. Kalau roda berputar dua-dua ke belakang, robot akan mundur, kalau berputar berlawanan arah maka robot akan berputar di tempat.. ini hal alamiah!.

Kalau anda nonton film serial dr. house, ternyata metode ini juga yang di pakai oleh sang dokter jagoan diagnosa. Tim dia dia buat sedemikian rupa agar mengikuti konsep differential drive ini. Tim membernya selalu ada satu yang setuju, satu menentang, satu lagi abstain atau no comment. Prinsip inilah yang di pakai untuk maju.

Konsep one man show juga di tinggalkan di bisnis karena nggak akan jauh jalan kemana-mana. Bersama-sama kita bisa adalah prinsipnya. Namun dalam realitanya memang sulit untuk mencapainya. Tapi saya yakin bisa kalau ada kemauan.

Kalau belajar politik, ada teori trias politica yang ngetop itu. Jadi sebenarnya bukan barang baru.

dual-stick Nah ada juga aplikasinya dalam pilot penerbangan umum.. pilotnya ada dua.. memang yang satu co-pilot tapi itu di desain memang untuk system dual kontrol, sehingga kelemahan yang satu di tutupi oleh yang satunya lagi. Lebih berat buat kita percaya penerbangan umum 12 jam dengan satu pilot.. wajar dong..

Nah, balik ke topik semula.. prinsip utamanya adalah tidak berjalan sendiri atau satu orang.. melainkan ada kontrol ke dua, kontrol ke tiga.. dsb untuk satu hal dapat terjadi. Apabila kontrol tersebut di lewati barulah terjadi yang namanya transaksi.

Nah, ini pula yang di terapkan di bank. Kalau ingin ada transaksi, ada satu orang yang input transaksi, ada satu orang lain yang memeriksa, dan ada satu orang lagi yang approve. Dan ini semualah bagaimana bisnis automasi bisa berjalan.. Karena ada double control. Sekilas ribet banget ya... sepertinya susah banget hal ini di terapkan. Tapi inilah jalan yang bisa melepaskan kita dari problem kita.. Problem kita adalah kita tidak terbiasa dengan hal umum seperti ini, mangkanya suka kebobolan.. Memo si direktur ini langsung di eksekusi.. akhirnya korupsi.. dll. Nah, sistem sendiri tentunya di bawah manusia, di bank yang sudah mapan pun bisa kebobolan.. ada pengambilan dana, dll, dll.. tapi ada LOGGING, artinya riwayat dari transaksi sehingga bisa di lacak dimana kesalahan dan kejahatannya.

Pada tingkat tertentu memang menjadi ribet, dual kontrol ini jadi birokrasi yang gak bermanfaat. Tapi marilah kita mulai dengan membiasakan dengan hal ini, terbiasa membuat differential drive, dual control di perusahaan akan sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka halaman ini?
Berbagilah dengan teman anda!
Facebook, Twitter, Google dan lain-lain.
Bookmark and Share