Pulungan and Pulungan Tribal pages

Belum lama ini, kami the Pulungan-ers.. hehe bagi yang belum mengenal saya, ya saya kenalan dulu.. nama saya Irza Pulungan. Pulungan ini adalah marga, atau lebih di kenal dengan family name. Jadi ya bapak saya juga pulungan, kakek saya pun demikian. Pulungan berasal dari Mandailing, Sumatra.. alias Tapanuli selatan. Nah, entah dari mana orang-orang mandailing ini sangat kekeluargaan dan sangat mengenal silsilah, karena kami memiliki sistem Dalian NaTolu.. maaf, saya agak kurang pintar menjelaskan ini. Tapi yang jelas, hubungan-hubungan keluarga sangat di pahami dalam sistem ini.

Nah balik ke awal tadi lagi.. kami the Pulungan-ers membuat satu wadah yang bisa menjembatani antar keluarga Pulungan.. kami sebut perkumpulan ini 'Parsadaan Pulungan' artinya Persatuan Pulungan. Walaupun saya bukan orang yang pro dengan kesukuan tapi saya terima aja penunjukan saya menjadi bagian dari divisi kepemudaan dari kelompok ini.. (karena kayaknya saya yang paling muda.. hehe), Saya sebenarnya tidak mengedepankan suku sebagai pemersatu. Yang saya pernah pelajari.. hal-hal kesukuan gak akan jauh-jauh jalannya.. tapi biarlah, sekarang pikir positifnya aja.. Silaturrahmi antar keluarga lah yang di niat-kan.

Sekarang sudah di tentukan ketuanya, apa rencana kerjanya.. dll. nanti akan saya posting di lain waktu. Tapi sementara ini

Klik disini untuk melihat tarombo (silsilah) pulungan

kalau anda klik yang diatas ini, disitu sudah saya taruh silsilah dari keluarga saya.. Bapak sayalah yang sudah mengkompilasi silsilah ini menjadi sebuah paket data yang menakjubkan. Ribuan Nama sudah di urutkan menjadi sebuah pohon keluarga lengkap dengan ranting-rantingnya. Mungkin ada kesalahan sana-sana sini, tapi biarlah itu sementara, yang pasti sudah ada 597 nama pulungan lengkap dengan istri dan anak-anaknya. kalau anda bermarga Pulungan mungkin anda masih ada famili dengan saya.. hehe.. walaupun kita belum pernah bertemu. Terima kasih atas jasa Bapak saya yang telah memersatukan kita. Dan moga-moga juga saya dapat meneruskan pencatatan data ini, dan secara berangsur-angsur di perbaiki

Yang jelas saya lagi coba ngerapihin ini semua masuk kedalam program namanya: phpGedView, nanti caranya mungkin saya akan tulis di blog teknik saya. Jadi mungkin buat anda yang tertarik dengan silsilah keluarga anda, mulai deh mempelajari software-software gratis yang mungkin bisa mempersatukan keluarga anda.

8 komentar:

  1. Bang buat frienster aja bang untuk persatuan marga pulungan bang...kan lebih asik...gmn bang? menurut abang?
    jadi kita lebih saling kenal satu keturunan....

    BalasHapus
  2. Salam, Nama saya boyke bakti mora pulungan..dari kecil saya tinggal sama ibu..jd saya gak pernah tau bapak saya namanya Imron D pulungan..skarang ibu saya sudah meninggal..jd ddari hati kecil saya kpingin ketemu sama keluarga saya dari bapa yg bermarga pulungn..kpingin kenal aja sih..sama penasaran..dari kecil blom pernah kenal...gima ya caranya..apa mungkin bisa d cari di prkumpulan pulungan ya?? ini no HP saya 085246201066

    BalasHapus
  3. Salam kenal juga buat boyke bakti mora. Ada perkumpulan pulungan di facebook, untuk sekedar berkenalan, kamu bisa daftar di www.facebook.com kalau juga ingin cari-cari famili bisa lihat-lihat di pulungan.tribalpages.com mungkin kita masih ada family, akan lebih memudahkan kalau boyke kasih tahu saya pulungan yang boyke kenal dan familiar. Mungkin berangkat dari situ bisa cari tahu. Trims atas kunjungannya.

    BalasHapus
  4. Rupanya banyak minat untuk mengikuti perkumpulan Pulungan.
    Bagi yang berminat ikut di perkumpulan pulungan, silahkan join di...

    http://www.facebook.com/group.php?gid=31165980449

    BalasHapus
  5. Assalamuailaikum bang..

    Saya gak ngerti baca tarombonya..

    BalasHapus
  6. Wass,
    Seharusnya mudah ya membaca tarombo nya. Di halaman muka, terdapat nama-nama (marga) umum yang sudah ada di data saya.
    Kalau di klik nanti ada detail nama marga beserta nama kecil (nama depan)
    di klik lagi berarti melihat detail dari orang tsb. (Terdapat nama orang tua dan keturunannya yang masing-masing bisa di klik)

    BalasHapus
  7. salam...bang

    apa ada tarombo dari garis keturunan abang sampai ke Sutan Pulungan I ( tahun 1400 ), itu yang mau kulihat ketemu dimana kita, kalau aku sudah di garis keturunan ke 19 dari garis Sutan Maimaon (Ulu Balang Natoras) keturunan ke 11 di Simuran, Sipirok, Tapanuli.

    memang sulit sekali kalau mau kita rangkum semua tarombo dari cabang lain, tetapi kalau mau dari garis ku saja bisa kukirim kemana ?

    BalasHapus
  8. tolong dong bro yang ada stambuk marga pulungan, mau tahu saya ini pulungan tingkat berapa nama dari oppung dari oppung saya Raja Intan Pulungan alias jainten

    BalasHapus

Suka halaman ini?
Berbagilah dengan teman anda!
Facebook, Twitter, Google dan lain-lain.
Bookmark and Share